Saturday, May 27, 2006

Chiffon Pandan


Foto : Retno Dharmawan's Kitchen

Chiffon Cake Pandan
( Keistimewaan Chiffon ini, dibuat tanpa minyak, cukup unik. Jadinya lebih membal ( kalau kata orang jawa sih) atau lentur dibanding yang pake minyak. Tapi ini suatu resep yang jarang kita lihat dibuku2).

bahan :
I
100 gr tepung terigu
115 gr gula halus
0.75 st baking powder
Ketiganya diayak....

II. 6 kuning telur
3 sm air + sedikit garam
1 sdm pasta Pandan
semuanya dimixer atau dicampur dengan whisker.


III. 6 putih telur
0.25 st cream of tartar
56 gr gula halus
Ketiganya dimixer

Cara :
Adonan I + II dicampur, Masukkan adonan III,
dipanggang loyang khusus untuk chiffon cake tanpa dioles minyak atau mentega.
Oven api 165 selama hampir 1 jam. ( 45 menit sampai 1 jam)
Setelah matang, balikkan loyang kue, biarkan dingin, akan turun sendiri, bila tidak juga maka dapat dibantu dengan memasukkan spatula kepinggir kue, geser hati2 dan kue akan keluar.


Olesannya kuenya :

50 gr mentega putih
50 gr margarine
150 gr gula halus
3 sdm susu kental manis

Jika suka bisa ditambahkan rhum pasta 1/2 sdm, kocok semua bahan sampai tercampur rata dan mengembang.

oleskan pada kue dan ditaburi keju parut.


Gambar loyang Chiffon Cake dan loyang chiffon imut.

6 Comments:

At 3:21 AM, Blogger Unknown said...

mbaaaaaaaaaaaak aku mau coba yg ini buat tantangan KBB #16 yaaaa... ijiiiiiiiiinnnn... (Arfi)

 
At 9:45 AM, Blogger ~Atiek~ said...

Mbaaak... aku juga ijin mau ngopy yaa... aku pbelumpernah bikin chiffon cake nih, tapi dikomporin sama Arfi nih jadi pengen nyoba resep ini.

 
At 8:00 PM, Blogger Bunda Estherlita said...

wah ini bukan chiffon tapinya , kalau menurut aku ini sponge cake...


yang mau bikin silahkan tapi bukan aslinya chiffon cake...
yang chiffon ada di resep aku satunya...

 
At 12:55 PM, Blogger Erlin said...

Mbak Estherlita, salam kenal..
Aku ijin link resepnya ke blog aku ya, boleh kan?

 
At 5:00 PM, Blogger D'ez said...

silahkan Erlin...tapi saya lebih sering pake resep yang pake minyak karena hasilnya lebih gak kaya karet..

 
At 5:52 AM, Blogger Unknown said...

Selamat Pagi....Mbak, kalau boleh tahu, dimana ya beli loyang chiffon yang ada digambar Mbak....Terima Kasih.

 

Post a Comment

<< Home